Rabu, 15 Oktober 2014

MAKANAN KHAS PASURUAN

MAKANAN KHAS PASURUAN

ke pasuruan gak boleh ketinggalan menikmati kuliner khas pasuruan. Meski cuma satu hari, saat makan siang kami diajak menikmati ‘rawon saminah’ yang asli khas pasuruan. Dengan penyajian yang khas dengan alas daun ‘jadi inget nasi gandhul pati’ serta ada tambahan bumbu balinya. Ada banyak pilihan rawonnya. Ada rawon empal seperti terlihat di gambar, ada rawon biasa dengan daging yang dipotong kecil-kecil, ada pula rawon ’sate komoh’ sate daging dengan bumbu khas pasuruan. Pokoknya enak banget. apalagi makannya rame2 bareng teman lama seperjuangan yang sekarang sudah tidak senasib lagi *meminjam ungkapan p ustad tri kus*

Sebelum pulang kamipun tak lupa membeli dibelikan oleh-oleh khas pasuruan. Yang pertama adalah roti matahari yang sangat terkenal dengan roti sisir dengan mentega australia nya itu. Roti matahari pasuruan sangat terkenal dan bisa ditemui di hampir setiap kota besar di jawa, bahkan saat aku beli oleh-oelh di bapia patuk 25 jogya aku juga menemukan roti pasuruan ini. Sayang sekali kami tidak kebagian roti basahnya. Tak ada rotan, akar pun jadi. Tak ada yang basah, ya roti kering tak apa. ternyata roti kering matahari enak juga.
2012-01-17-065424 Selain roti matahari yang tak kalah terkenal dari pasuruan adalah bipang jangkar. Entah sudah berumur berapa tahun ya makanan ringan ini. kayaknya mulai aku kecil aku udah mengenal bipang pasuruan ini. Dan kami diajak beli bipang jangkar dan oleh-oleh khas lainnya langsung di pabriknya. Pabrik bipang jangkar ini terletak di bagian utara kota pasuruan dekat jalan menuju pelabuhan pasuruan. Meski makanan ini sudah lumayan berumur tenyata sampai sekarang tetap disukai. Dan makin kreatif dari segi rasa dan kemasan. Sekarang kita bisa menikmati bipang rasa cocopandan, rasa vanilla, rasa kopi mocca dan bermacam-macam lainnya.
2012-01-17-065340
selain bipang ada lagi yang terkenal dari pasuruan, yaitu krupuk ikan atau amplang. Meski rasanya belum bisa mengalahkan amplang samarinda, menurutku amplang pasuruan enak juga. Yang belum pernah merasakan kuliner dan oleh-oleh khas pasuruan harus nyobain tuh kalo sempat mampir ke pasuruan. Boleh kox ajak aku lagi.



2012-01-17-065816


SUMBER : http://sukajalan2.blogdetik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar